Senin, 01 Agustus 2011

JAMBOREE ON THE AIR (JOTA) NASIONAL KE – 69 JAMBOREE ON THE INTERNET (JOTI) KE – 27 tahun 2011

Jamboree on the Air - Jamboree on the Internet (JOTA-JOTI) merupakan pertemuan anggota pramuka di udara dan dunia maya. seperti layaknya kegiatan jamboree, anggota pramuka dari berbagai tingkatan baik siaga, penggalang, penegak, dan pandega berkumpul guna memperkuat ikatan persadaraan dibawah naungan Gerakan Pramuka. hanya saja tidak ada tampak kemah di sebuah lahan, pertemuan tersebut dilakukan menggunakan radio dan internet.




Diadakan 2 kali setiap tahun, kali ini merupakan yang ke 69 untuk Jota dan yang ke 27 untuk Joti Nasional. Kegiatan ini  bukan hanya dilaksanakan di Indonesia namun juga tingkat di Asia Pasifik (bulan Agustus) dan tingkat dunia (bulan Oktober). Jota Joti kali ini sekaligus berpartisipasi dalam kegiatan tingkat Asia Pacifik yang ke 7. Oleh sebab itu, Pramuka Indonesia dapat berkomunikasi dengan rekan kepanduan dari negara lainnya.


Saling mengenal dan berbagi pengalaman serta pengetahuan dalam bidang IPTEK, Kepramukaan, dan lainnya merupakan salah satu tujuan dari diadakannya kegiatan Jota-Joti. Lebih dari itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperkenalkan Gerakan Pramuka di masyarakat luas.


Tema yang diangkat oleh Asia Pacific Region untuk Jota Joti kali ini adalah 'Messengers of Peace' yang berarti pembawa damai. Mengadaptasi dari itu, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melalui Dewan Kerja Nasional dengan menggunakan momentum peringatan 50 Tahun Gerakan Pramuka mengangkat tema '50th Years of Gerakan Pramuka: Towards a Peaceful Generation' atau '50 Tahun Gerakan Pramuka: Menuju Generasi Cinta Damai'. Melalui tema ini diharapkan anggota Pramuka terus mengembangkan toleransi dan rasa empathy dengan seluruh umat manusia tak terbatas pada ras, suku, agama, dan perbedaan lainnya. Anggota Gerakan Pramuka diharapkan dapat mengamalkan Dasa Darma serta menjadi agen perdamaian dimana pun mereka berada. Hal ini demi tercapainya Indonesia yang aman dan nyaman untuk semua masyarakat.


Anda bisa bergabung melalui:

1. MiRC

2. Facebook

3. Twitter

4. Skype



Untuk mengakses informasi mengenai kegiatan tingkat Asia Pacifik, Anda dapat menuju halaman ini: 
7th Asia Pacific Region Internet/Air Jamboree

Sumber: http://idjotajoti.co.cc/

0 komentar:

Posting Komentar