Minggu, 14 Agustus 2011

Seke Pramuka in New World


Salam pramuka, hari ini 14 Agustus 2011 saya tetapkan sebagai hari berdirinya blog seke pramuka ini, sebenarnya tepatnya bukan sekarang tapi mengingat hari ini memiliki prestise yang sangat tinggi bagi pramuka, jadi saya tetapkanlah tanggal 14 agustus 2011 ini sebagai hari diresmikannya sekepramuka.blogspot.com.

Awalnya saya tidak pernah terpikirkan untuk membuat blog ini, tapi sehubungan dengan kegiatan saya saat ini Saya menyadari akan semakin sulit ikut serta dalam berbagai kegiatan pramuka di dunia nyata. Oke, saya beralih ke dunia maya, hanya untuk mencari informasi, share atau apapun yng berhubungan dengan pramuka.

Mari  terlebih dahulu kita kembali ke masa awal Saya berkenalan dengan pramuka.
SD. Ya, Sekolah Dasar, pertama kali saya mengenal pramuka. Waktu itu saya masih duduk di kelas empat SD(kalo kata orang sunda mungkin waktu itu saya sedang “lulucuna” hehe….) menjelang dilaksanakannya jamboree ranting  sekolah Saya, SDN Jatisawit 1. Kalo mengingat sekolah ini saya sangat merindukannya mulai dari orang-orangnya, jajanannya, lingkungan dsb.

Waktu itu sekolahku dikelilingi pohon tebu, lebih tepatnya kebun lah. tapi sayang sekali kebun itu dimanfaatkan dengan baik oleh para pencuri, sebagian besar pencuri yang menyantroni daerah jatisawit lari ke kebun tersebut. Alhasil pencuri itu hilang bagaikan ditelan kebun. Dan akhirnya pada tahun …(euu….Saya lupa tahun berapa) masyarakat mulai menolak penanaman pohon tebu, dan akhirnya yang tadinya kebun tebu diganti dengan sawah yang sangat luas.

Wah maaf, kita kembali ke cerita awal… waktu itu sekolah saya menyiapkan peserta yang akan mengikuti jamboree, melihat jumlah kakak kelas saya sangat kurang(jumlah murid laki-laki kelas lima dan enam masing-masing hanya enam orang. Bapak guru, “pak Ayo” biasa kita panggil, mencari tambahan dari kelas empat, awalnya tak ada satupun yang mau, yang ada hanya gelengan kepala. “akh sekedar ikut” pikirku, saya ajak teman sebangku..wah dia mau. Yasudah kami maju ikut serta di jamboree pertama kami, saya mulai menyukai Pramuka. Sampai kelas enam SD saya rutin mengikuti kegiatan tersebut.

Saya meninggalkan masa SD. Ya, Saya lulus.
Tapi, akh..TIDAAAAK saaya dimasukkan ke pessantren, sebenarnya saya menginginkan SMP yang umum tapi yasudahlah orang tua saya lebih mengerti. Yang lebih menyesakkan dada ternyata disana tidak ada satupun yang berbau pramuka.
Oke saya vakum dari kepramukaan  selama tiga tahun, menjalani kehidupan santri pesantren pada umumnya. Tiga tahun berlalu saya pun lulus dengan membawa ijazah Pesantren Persatuan Islam 92 majalengka.

Masuk SMA, ditetapkanlah SMA Negeri 1 Majalengka, SMA yang mempunyai prestise tinggi di Majalengka dengan gelar RSBInya, terlalu rumit jika harus digambarkan dengan kata-kata.
Kembali bicara soal pramuka, awal masuk, tahun pertama saya tidak menemukan pramuka disana. (cap)tahun pertama saya masih vakum.

Tahun kedua teman sekelas yang lebih dulu masuk pramuka menuntun saya ke pramuka…wah..,  awal tahun ini saya resmi menjadi anggota pramuka ambalan Wiranggalaksana. Pawai obor, pertama kali karir saya dimulai, sanyat menyenangkan rasanya. Tapi, tidaaak… peserta pawai tidak melanjutkan kehidupan mereka di pramuka. Tinggal kami kira-kira enam orang terlantar di seke(sekertariat) pramuka. Yah seke pramuka, “rumah” yang nyaman bagi kami, disinilah kami mulai merintis lagi pramuka, disinilah kami melakukan aktifitas dari mulai rapat pramuka, latihan, atau hanya sekedar duduk-duduk bercanda,  mengerjakan tugas sekolah, kadang kami tidur disana.

Semakin lama anggota kami semakin bertambah, dan ada satu yang sangat membantu menambah jumlah anggota pramuka. PMR. Yah PMR, Jumbara satu kegiatan yang menyatukan kami,kami bekerjasama dalam satu tim, akhirnya meleburlah anggota pramuka dengan PMR. PP biasa kami memanggilnya, sejak saat itu saya mulai mencintai PMR, sama seperti pramuka saya mulai menyukai apapun yang berkaitan dengan PMR (hmmm…..saya rindu semuanya, bagaimana keadaan mereka sekarang?)

SMA pun berlalu, alhamdulilah saya lulus dengan nilai yang cukup memuaskan.
Sekarang Saya menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati, walaupun saat SMA saya terlantar di program IPS, tapi itu tidak meruntuhkan niat Saya menjadi seorang dokter, impian masa-masa Sekolah Dasar yang selalu saya ingat. Masih banyak daerah di Indonesia yang sangat minim faasilitas kesehatannya membuat keinginan saya semakin kuat, dan ada satu lagi pendorong keinginanku …..hmmm mungkin saya harus melupakan yang satu ini, saya tidak tahu.(semoga bahagia :))

Universitas Malahayati disinilah satu langkah awal menuju impian kecil Saya, “Today be Better For Us, For  All” dengan kata-kata tersebut tekad saya untuk menjadi menjadi lebih baik.  Saya akan terus memegang kata-kata itu..

Kembali ke masalah pramuka,disini  kembali saya tidak dipertemukan dengan Pramuka, Saya mulai berfikir  “harus bagaimana?” terpikirlah untuk membuat seke pramuka di dunia maya. hanya sekedar mencari informasi, share atau apapun yng berhubungan dengan pramuka. Akhirnya Saya membuat blog dengan nama Seke Pramuka sesuai nama “rumah”, tempat kami melakukan berbagai kegiatan Pramuka saat SMA.

Yah itulah sedikit cerita yang membuat saya ingin mambuat blog ini, semoga bermanfaat bagi kakak-kakak yang suka share tentang Pramuka.

Selamat hari jadi pramuka yang ke-50 semoga pramuka di Indonesia semakin baik. 
Salam Pramuka!!!

Kami Pramuka Indonesia
Manusia Pancasila
Satyaku kudharmakan
Dharmaku kubhaktikan
Agar Jaya Indonesia
Indonesia Tahah Airku
Kami jadi pandumu

0 komentar:

Posting Komentar